Mau Jadi Young Entrepreneur Ter-UnYUZUal? Cobain Tips Ini
#LiveUnYuzual

We’re not too young to become a successful person! Siapa coba yang nggak mau punya usaha sendiri? Apalagi di umur muda. Gimana ya cara bisa jadi young entrepreneur

 

Gali passion

Mau mulai bisnis tapi bingung mau bisnis apa? Yup, itu memang kegalauan dari kebanyakan calon pebisnis muda. Jangan sedih dan bingung lagi karena YUZU akan kasih tau rahasianya yaaa. Kamu bisa menggali passion kamu di depan kaca. Pertama-tama, coba presentasi hal yang kamu tahu, kemudian kamu nilai dari semua topik-topik yang kamu presentasikan tadi, pilih yang paling kamu PD dan yakin.

Pasti kamu sering banget dengar omongan “Kalau kerja tuh sesuai dengan passion, supaya enjoy ngejalaninnya”. Itu 100% benar banget lho YUZUsan. Yuk, gali dan cari tau terus apa sih passion kamu sebenarnya.

 

Lihat Peluang Bisnis

Kalau kamu peka akan sekelilingmu, ada banyak lho yang bisa kamu jadikan bisnis. Pakai peluang bisnis dimana dan kapan saja, misalnya kamu suka koleksi action figure. Tiba-tiba kamu bosen, daripada dirapihkan masuk kardus mendingan kamu jual. Lumayankan bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Kamu harus lihat potensi bisnis yang ada.

Langkah paling awal dan mudah yang bisa kamu lakukan adalah tawarin dulu ke teman-teman kamu yang suka beli hunting action figure dari dalam maupun luar negeri. Next, fokuskan daganganmu ke calon pelanggan yang mau bikin diorama-nya sendiri. Selama kamu usaha, dijamin akan ada jalannya, YUZUsan.

 

Jangan Gengsi untuk Belajar

Malu bertanya sesat di jalan. Nah, kalau mau mulai bisnis, belajarlah dari yang sudah berpengalaman. Kamu bisa lho nanya-nanya dari tukang jualan di sekelilingmu, nggak ada salahnya belajar. Misalnya kamu ketemu pedagang nugget pisang yang cukup sukses, coba wawancara mereka.

Cari tahu awal mula pertama kali menjual nugget pisang, kok bisa sih kepikiran menu baru padahal yang kita tahu selama ini nugget itu hanya isi ayam. Intinya, kalau kamu ketemu pedagang yang menjual produk yang inovatif, jangan takut atau malu untuk ngajak mereka ngobrol. Banyak kok yang mau berbagi ilmu.

Itu dia kiat-kiat bagaimana kalau kamu mau jadi entrepreneur. Seandainya jalan yang kamu jalani nggak semulus yang kamu bayangkan, jangan pernah menyerah ya, YUZUsan!