Yuzu, Si Mungil yang Unik dan Menyegarkan
#LiveUnYuzual

Minuman olahan buah jeruk disukai banyak orang karena kekayaan rasanya. Perpaduan seimbang antara manis dan asam yang dihasilkan, memberikan kesegaran yang pasti bikin susah move on. 

Dari sekian banyak varian buah jeruk, ada satu varian yang namanya Yuzu. Sudah tahu belum buah Yuzu itu seperti apa?

Buah Yuzu pasti kurang familiar di telinga kita dan masih sedikit yang tahu tentang buah ini. Maklum, varian buah jeruk yang bernama latin Citrus Junos ini memang tidak tersedia di Indonesia, tapi tumbuh subur di Jepang dan Korea lho. Sejarah, bentuknya yang unik, berikut rasa serta kandungan nutrisi buah Yuzu ini bisa dikatakan unusual atau tidak biasa dibandingkan buah jeruk pada umumnya. Yuk cari tahu mengapa buah ini menjadi sangat menarik untuk dinikmati!

Sejarah

Buah Yuzu sebenarnya berasal dari Tiongkok, tepatnya di sekitar daerah yang dialiri sungai Yangtse. Awalnya buah ini dibawa oleh para pedagang Tiongkok melalui jalur perdagangan semenanjung Korea – Jepang pada periode Nara (abad ke 8) hingga akhirnya tumbuh subur disana. Menariknya, di Tiongkok sendiri, saat ini buah Yuzu sangat sulit ditemukan. Sungguh unik sekali buah Yuzu ini ya?

Bentuk yang Mungil

Buah Yuzu memiliki bentuk yang lebih mungil dari buah lemon, tapi lebih besar dari jeruk nipis. Tekstur kulitnya bergelombang dan memiliki daging yang berair dengan biji yang banyak. Buah Yuzu sangat nikmat jika diolah menjadi aneka minuman segar, seperti YUZU Tea. Sarinya diambil lalu dipadukan dengan daun teh pilihan untuk membuat minuman teh Yuzu yang menyegarkan. Kebayang kan nikmatnya, apalagi kalau diminum dingin.

Rasa Buah Yuzu

Buah Yuzu memiliki rasa asam dan manis yang seimbang dengan aroma yang unik. Tidak mengherankan jika di Eropa sana, buah ini sering pula dimanfaatkan sebagai penambah kelezatan masakan. Keunikan aroma ini bisa menambah selera makan karena masakan menjadi penuh cita rasa. Bisa dibuat minuman segar dan menambah cita rasa? Benar-benar tidak biasa bukan?

Kandungan Buah Yuzu

Buah Yuzu mengandung 3x vitamin C lebih banyak dari buah lemon, sehingga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, kandungan anti-oksidan nya juga cukup tinggi. Walaupun bentuknya mungil, tetapi manfatnya banyak. Buah Yuzu memang buah yang unusual ya?

 

Sejarah, keunikan bentuk, rasa dan kandungan buah Yuzu, tak pelak membuat buah ini berkualitas premium. Lebih dari itu, yang membuat buah Yuzu menjadi premium adalah kelangkaannya. Di Jepang dan Korea saja, sebagai 2 negara penghasil utama buah ini, buah Yuzu hanya bisa dipanen sekali setahun pada saat musim dingin. Andai saja buah dan minuman segar dengan buah Yuzu ini ada di Indonesia ya?