Hidangan Roasted Chicken ala YUZU TEA, Untuk Temani Perayaan Akhir Tahun

New Year is coming! Kurang lengkap rasanya kalau perayaan tahun baru kalian ga ditemenin sama makanan yang spesial. Maka dari itu, YUZU TEA pengen coba share resep masakan yang gampang tapi dijamin enak. Apalagi kalau bukan Roasted Chicken ala YUZU TEA. Selain bahannya yang gampang didapet dimana aja, menu ini cocok buat kalian yang malas masak yang repot-repot. Bahan yang harus kalian siapin adalah:

  • 1 Ekor ayam negeri 1.2kg
  • 1 Pack Mentega tawar /unsalted butter.
  • Fresh thyme /daun time
  • 3 pcs wortel kecil
  • 2 bawang bombay
  • 1 ikat daun bawang
  • 10 siung bawang merah
  • 4 bonggol bawang putih
  • 1 kg kentang
  • garam
  • Lada
  • 1 botol YUZU TEA Original

Cara pembuatan:

  • 1. Siapkan Bahan-Bahan Makanan

    Kalian bisa mulai dengan mencuci bersih kentang, lalu potong menjadi 8 bagian dengan potongan wedges. Tidak lupa rendam potongan kentang tadi kedalam air guna menghilangkan kandungan sagu yang terdapat didalam kentang.

    Lalu, potong wortel menjadi beberapa bagian. Usahakan agar potongan tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jangan lupa, potong bawang bombay menjadi 4 bagian tanpa perlu mengupas kulitnya, karena dapat menambahkan rasa saat di oven nanti.

    Siapkan juga ayam negeri yang sudah dikeringkan bagian luarnya menggunakan tisu dan pastikan tidak ada bulu ayam yang masih menempel. Apabila kalian menggunakan ayam dari freezer, kalian terlebih dahulu harus mencairkan ayam sampai dagingnya tidak beku. Hal ini juga berlaku bagi semua bahan.

    Sambil menunggu rendaman kentang, kalian bisa menyiapkan bumbu yang terdiri dari campuran 1 pack unsalted butter, garam 1 sdt, lada 1 sdt, dan daun time. Masukan semua bahan tersebut kedalam wadah, lalu aduk sampai rata. Jika sudah, masukan bumbu kedalam pastry bag.

  • 2. Cooking Time!

    Setelah semua bahan telah disiapkan, sekarang waktunya mulai memasak. Ambil ayam negeri, lalu pisahkan bagian kulit dengan dagingnya. Kalian bisa melakukan ini dengan cara memasukan jari kalian melalui bagian bawah dada ayam. Langkah ini harus dilakukan dengan hati-hati, agar kulit ayam tidak sobek.

    Jika sudah berhasil memisahkan bagian kulit ayam dengan dagingnya, kalian bisa isi bagian tersebut dengan bumbu butter tadi. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting merata. Tambahkan juga garam, bawang putih dan daun tyme ke dalam perut ayam untuk menambahkan rasa.

    Setelah itu, kalian bisa taruh kentang yang sudah ditiriskan, wortel, bawang Bombay, bawang putih dan bawang merah yang sudah dipisahkan ke baking tray. Taruh seluruh sayuran dengan merata dan tambahkan sisa bumbu butter ke atasnya.

    Terakhir, taruh ayam diatas tumpukan sayur-sayuran. Jika sudah, kalian bisa langsung oven di suhu 180 derajat selama 30 menit dengan menggunakan api bawah. Selama mengoven, kalian bisa mengolesi ayam dengan sisa butter tadi setiap 15 menit sekali jika dirasa perlu. Jika sudah 30 menit, kalian bisa mengecek rasa dari sayuran kalian, dan menambahkan bumbu atau garam jika diperlukan. Lalu masak kembali selama 15 menit di suhu 180 derajat menggunakan api atas.

    Terakhir, taruh ayam diatas tumpukan sayur-sayuran. Jika sudah, kalian bisa langsung oven di suhu 180 derajat selama 30 menit dengan menggunakan api bawah. Selama mengoven, kalian bisa mengolesi ayam dengan sisa butter tadi setiap 15 menit sekali jika dirasa perlu.

    Jika sudah 30 menit, kalian bisa mengecek rasa dari sayuran kalian, dan menambahkan bumbu atau garam jika diperlukan. Lalu masak kembali selama 15 menit di suhu 180 derajat menggunakan api atas. Setelah dimasak selama 45 menit, kalian bisa keluarkan baking tray dan tiriskan ayam beserta sayurannya.

  • 3. Buat Saus

    Setelah ayam dan sayuran ditiriskan, pisahkan keduanya ke wadah. Lalu pindahkan sari kaldu ayam yang terdapat di baking tray ke wajan. Campur kaldu ayam dengan air satu gelas, tambahkan lada dan garam secukupnya, lalu masak sampai mendidih. Jika sudah kalian bisa menambahkan saus sambal sesuai selera kalian.

    Lalu kita siapkan bahan spesial kali ini, yakni YUZU TEA Original. Kalian bisa masukin 1 botol YUZU TEA Original, biar bikin saus kalian balance nantinya. Kebayangkan gurihnya butter sama kaldu ayam dicampur sama YUZU TEA Original yang terbuat dari teh dan buah Yuzu berkualitas.

    Kalau udah dicampur, tunggu sampai sausnya mendidih. Kalau udah kalian bisa siram saus ini ke ayam dan sayuran kalian tadi. selamat mencoba ya! Happy cooking and happy new year!

    Selalu sedia YUZU TEA di moment seru kamu Bersama keluarga, teman dan orang orang tersayang yaa! Buat temen-temen yang mau cobain YUZU TEA bisa ditemukan di E-Commerce manapun atau bisa click link di bawah yaa!

    https://diglink.id/YUZU_Tea


Bagikan Artikel Ini    


Artikel Terkait :