3 UNYUZUAL ART INSTALLATION DENGAN PESAN TERSEMBUNYI

Sebuah instalasi seni memang dibuat untuk menarik perhatian orang. Namun dibalik keunikan sebuah instalasi seni, ada pesan yang ingin disampaikan oleh pembuatnya kepada penikmat seni, lho, YUZUsan! Seperti beberapa instalasi unYUZUal berikut ini yang memiliki pesan tersembunyi.


Pulled by the Roots

Instalasi seni “Pulled by the Roots” adalah hasil karya seniman kontemporer Leandro Erlich yang dipamerkan di The City is The Star pada tahun 2015 di Jerman. Karya seni unYUZUal ini berbentuk sebuah rumah yang seolah ditarik menggunakan mesin derek. Di balik karya yang unik dan kreatif ini, sang seniman berusaha untuk menggambarkan hubungan antara budaya, dan kehidupan manusia, dengan alam. Hubungan tadi ditunjukkan dengan adanya akar-akar tanaman yang melekat pada rumah yang keluar saat rumah ditarik ke atas oleh mesin derek. Rumah merupakan representasi budaya dan kehidupan manusia, serta akar yang menempel di rumah adalah representasi alam.


Venice Biennale 2017

Venice Biennale adalah sebuah pameran seni kontemporer yang diadakan dua tahun sekali di Venice, Italia. Dari berbagai karya seni yang ditampilkan pada Venice Biennale 2017, pahatan karya Lorenzo Quinn jadi salah satu primadona di kategori visual art. Berbentuk tangan yang muncul di kanal air seolah menompang salah satu bangunan bersejarah the Ca’ Sagredo Hotel, karya seni ini ingin menggambarkan tentang bahaya perubahan iklim. Tangan manusia dalam karya ini adalah analogi kemampuan manusia yang dapat menjaga dan sekaligus merusak bumi.


Desert X

Desert X, adalah pameran seni kontemporer yang diadakan dua tahun sekali di lembah Coachella. Pameran  ini bertujuan untuk menarik perhatian orang akan lingkungan dan kehidupan di lembah Coachella. Tema yang selalu ada setiap tahunnya adalah perubahan cuaca, imigrasi, wisata, dan budaya asli suku Indian.

Salah satu Instalasi unYUZUal yang mendapatkan banyak perhatian pengunjung di Desert X adalah “Mirage” karya Doug Aitken. Instalasi seni ini brbentuk rumah yang sepenuhnya dilapisi cermin, membuatnya memantulkan refleksi dari lingkungan sekitar lembah Coachella sehingga pengunjung tak hanya bisa melihat karya seni tapi juga lingkungan secara bersamaan. Ada juga instalasi seni lainnya, seperti Circle of Land and Sky, Hollow Earth, Curves and Zigzags, yang juga tidak kalah unik di Desert X.

Bukan hanya menarik untuk dilihat atau difoto, berbagai instalasi unYUZUal yang ada tadi sarat dengan pesan yang mendalam, YUZUsan. Instalasi seni apa sih, yang pernah kamu lihat dan menurutmu memiliki makna yang menarik untuk dipelajari?

Bagikan Artikel Ini    


Artikel Terkait :